Jumat, 17 Desember 2010

believe it ?

malem ini aku akan kembali posting. namun kali ini temanya agak sedikit berbeda karena tema seperti ini belum pernah aku bahas sebelumnya. hari ini aku akan ngebahas sedikit tentang beberapa kepercayaan-kepercayaan yang berkembang di china. gak ada maksud khusus sih. aku cuma terinspirasi dari soal semesteran kemarin yang dikasi oleh guru mandarinku atau biasa kami sapa dengan panggilan Lǎoshī. soalnya kayak gini "jelaskan kepercayaan masyarakat china yang kamu ketahui?" gak tau deh kalo soalnya salah. intinya kira-kira begini deh. sebenernya aku udah tau sedikit tentang ginian. aku kan dulu baca majalah bobo dan lumayan seringlah hal-hal kayak ginian dibahas. dan aku jawab tentang angka keberuntungan, yaitu angka 8 dan BENAR ! nah kali ini aku bakal bahas kepercayaan lain yang berkembang di china. let we start !

  1. angka delapan adalah angka keberuntungan bagi orang china. bukan hanya orang china sih. angka 8 juga merupakan angka favorit aku. bukan apa-apa. aku sih mikirnya angka 8 itu gak putus putus. biar diulang-ulang juga gitu-gitu aja jadinya. angka 0 juga sih, sama kayak angka 8 alias gak putus-putus. tapi siapa sih yang mau dapet 0. bukan nolak yah tapi kalo dapet 0 kan gimana gitu rasanya. ulangan dapet 0 ? amit amit. tapi kalo ulangan dapet 8, dijamin pasti hepi seneng aja rasanya. yaaa meskipun angka 0 gak bisa dihindari sih sebenernya. coba bayangin kalo nominal 1.000.000.000 gak ada angka 0 nya. sama aja 1 kan ? berkat angka 0 lah dia bisa jadi 1 milyar.
  2. angka yang menjadi angka sial adalah angka 4 dan semua angka yang ada angka 4nya. misal 14, 24, 34 dll. agak sensi aja sih pas nulis angka 14 sebagai angka sial soalnya angka ini adalah angka favorit aku selain angka 8. alasan orang china gak suka sama angka 4 adalah pengucapannya yang dalam kata lain berarti mati. makanya itu orang china anti angka 4. selain angka 4, orang china juga anti sama angka 13 karena dianggap gak membawa hoki. buktinya orang china ogah mencantumkan angka 13 dalam lantai suatu ruangan atau lift. orang china juga paling gak mau beli rumah atau tinggal di rumah yang nomornya 13 karena dianggap gak hoki.
  3. soal makanan favorit, jelas mie adalah jawabannya. mie dianggap melambangkan umur yang panjang sesuai bentuknya. oleh karena itu, mie adalah makanan wajib pada acara-acara china. biar umurnya panjang, makan mie itu gak boleh putus. jadi cukup digulung kalo mau makan. intinya gak boleh dipotong.
oke sekarang kita bakal bahas beberapa kepercayaan yang berkembang di jepang. check it !

  1. Tabeta ato, sugu yoko ni naruto, ushi ni naru ! nah tau gak artinya ? artinya adalah kalau habis makan langsung rebahan bisa jadi sapi ! nah bener gak tuh ? menurut akal sehat kayaknya nggak ya tapi hal seperti ini sudah menjadi kepercayaan di jepang

  2. Hinakazari wo hayakushimawanaito, yome ni ikiokureru. artinya adalah kalau boneka hina tidak segera dirapikan, maka akan telat nikah. seperti yang kita tahu, masyarakat jepang selalu mengadakan "hina matsuri" pada tanggal 3 maret. tujunannya adalah sebagai rasa syukur terhadap tuhan yang telah memberikan anak perempuan. keluarga yang akan mengadakan acara ini harus memajang boneka hina sejak bulan februari namun harus segera dirapikan atau disimpan bila telah lewat tanggal 3 maret. bila tidak dirapikan makan sang anak gadis akan telat menikah.



  3. nah sekarang kita akan ngebahas tentang hewan menurut kepercayaan jepang. tau kucing keberuntungan kan ? nah pajangan seperti ini dianggap membawa hoki bagi orang jepang. namun tidak semua kucing dianggap membawa hoki karena kucing hitam dianggap membawa sial bagi orang jepang. hewan lain yang dianggap hoki adalah laba-laba. namun hanya laba-laba yang muncul pada pagi hari lah yang dianggap hoki. bila laba-laba keluar pada malam hari, maka itu akan membawa sial.
  4. pembangunan rumah pun memiliki aturan tersendiri bagi orang jepang. membangun rumah yang pintu gerbangnya menghadap timur laut sangat-sangat dihindari karena dianggap sebagai gerbang iblis.

  5. seneng main kembang api ? seneng lah jelas. tapi kalo anda orang jepang maka anda akan dilarang memainkan kembang api dengan alasan anda akan ngompol (?)
  6. jempol secara harfiah berarti jari orang tua. oleh karena itu, bila sedang berada di acara pemakaman, orang jepang akan menyembunyikan jempolnya. alasannya adalah orang jepang tidak ingin orang tuanya melihat pemakaman. selain itu, orang jepang juga punya kebiasaan untuk tidak potong kuku jempol saat malam hari karena mereka percaya orang tuanya akan meninggal bila mereka memotong kuku jempol pada malam hari.
  7. sepeda tidak boleh dipakai boncengan, kecuali yang membonceng berusia lebih dari 16 tahun dan anak yang dibonceng usianya kurang dari 1 tahun. bila dilanggar, dendanya maksimal 20 ribu yen.
  8. jangan kira "aishiteru" adalah ungkapan yang digunakan sepasang kekasih jepang untuk mengungkapkan rasa sayangnya. kata "aishiteru" cuma digunakan oleh pasangan yang memang akan menikah. bila belum akan menikah, pasangan jepang menggunakan kata "daisuke desu"
nah itu beberapa hal yang menjadi kepercayaan orang jepang. aneh-aneh sih tapi itulah keunikan jepang http://www.emocutez.com



0 komentar:

Posting Komentar